Rabu, 23 Februari 2011

Berenang: Membantu Perkembangan Kecerdasan dan Kemandirian Bayi


Berenang: Membantu Perkembangan Kecerdasan dan Kemandirian Bayi
Berenang: Membantu Perkembangan Kecerdasan dan Kemandirian Bayi
      Mengajarkan berenang pada bayi yang baru lahir ternyata membawa banyak keuntungan. Bukan hanya memacu perkembangan tubuhnya tapi juga memacu kemampuan bayi untuk berkonsentrasi, gerak reflek, kecerdasan serta perilaku sosial saat mereka memasuki usia taman kanak-kanak. Menurut hasil penelitian yang dilakukan sebuah perguruan tinggi di Jerman, anak – anak yang dilatih berenang sejak dini dapat menangani situasi baru dengan lebih baik, lebih mandiri dan tidak pemalu.
      Lalu kapan bayi Anda dapat mulai belajar berenang? Ahli kesehatan mengatakan, tidak ada batasan umur kapan bayi boleh belajar berenang, namun biasanya kegiatan berenang ini diperkenalkan saat usia bayi menginjak 12 minggu.
      Untuk pertama kali, bayi Anda pasti belum menyukai kegiatan di air, untuk memulai agar bayi Anda menyukainya, cobalah untuk membuat suasana mandi menyenangkan. Bayi Anda akan nyaman dan percaya diri jika ibunya pun merasakan hal itu, dan usahakan agar muka bayi berada dekat dengan tubuh Anda, dan awasi terus gerak-geriknya.
      Berikut tips – tips ketika bayi Anda sudah siap untuk berenang di kolam renang :
  • Badan bayi yang basah akan sangat licin dan sulit untuk memegangnya, oleh karena itu peganglah erat-erat bayi Anda.
  • Periksalah temperatur kolam atau mintalah petugas kolam renang untuk memeriksakannya untuk Anda. Apakah air di kolam itu terlalu dingin untuk berenang atau tidak.
  • Berhenti benerang begitu melihat bayi Anda menggigil, segera keluarkan dari kolam dan hangatkan.
  • Mulailah dengan 10 menit lalu meningkat menjadi 20 menit. Jika bayi Anda berusia dibawah 1 tahun, jangan membiarkannya berada di air lebih dari 30 menit.
  • Jika bayi Anda terlihat tidak sehat, jangan dulu melakukan kegiatan berenang.
  • Jika bayi Anda menderita penyakit atau alergi pada kulitnya, periksakan dahulu pada dokter apakah klorin pada air kolam renang itu membahayakan kulitnya.
      Dengan melakukan olah raga renang, bukan hanya buah hati Anda yang mendapatkan keuntungan, tapi Anda juga dapat mengembalikan bentuk tubuhnya seperti semula. Selamat berenang. 

http://www.melindahospital.com/modul/user/detail_artikel.php?id=158_Berenang:-Membantu-Perkembangan-Kecerdasan-dan-Kemandirian-Bayi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar